Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli Hardisk

Beberapa hal yang patut anda pertimbangkan dalam memilih sebuah harddisk. Berikut ini ada beberapa tips-tips yang bisa dipertimbangkan, tentulah hal ini bukan sesuatu yang multlak, tapi paling tidak memberikan sedikit gambaran anda sebelum membeli sebuah hardisk.
  • Kapasitas, Anda seorang profesional atau gamers? Harddisk berkapasitas 250GB adalah standard minimal bagi anda.
  • Bandwith, SATAII menyuguhkan kecepatan bandwith 3 kali lipat (300MBps) dibanding harddisk biasa (Parallel ATA) (100MBps), Ultra ATA (133MBps) atau 2 kali lipat dibanding harddisk SATA (150MBps). Mainboardmu harus mampu mendukung SATA II . Jika kamu suka bermain-main dengan OC-ing pertimbangkan untuk mencari harddisk bukan SATA. Masalahnya Harddisk SATA mempunyai karakter yang sangat sensitif terhadap perubahan pada saat overclocking.
  • Buffer 8MB, Harddisk SATAII mempunyai buffer 8MB meskipun ada juga harddisk biasa dan harddisk SATA yang mempunyai buffer 8MB. Kesimpulannya cari harddisk biasa atau Non SATA yang penting mempunyai buffer 8MB. Ada penamaan/ code tertentu yang menunjukkan harddisk tersebut mempunyai buffer  8MB .
  • Cool n Quiet, Harddisk dingin berarti reliable, hemat konsumsi daya dan tentunya stabil. Noiseless adalah syarat penting terutama jika anda adalah seorang profesional audio editing.
  • Harga dan Garansi, Jangan asal murah karena biasanya pasti ada udang di balik murah. Jika anda hanya menginginkan harga hati-hati dengan masa garansi Garansi? Rata-rata sih satu tahun garansi. Ada yang dua tahun tapi biasanya jadi agak freeport bin repot.

0 tweet:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Online Project management